-->

WAKIL BUPATI SOLOK TINJAU TEKNOLOGI HYDRANT PUM EFISIEN DAN EKONOMIS UNTUK PERTANIAN

Print
Published Date
Written by Super User Hits: 8

 

 

 

SetdaSolokkab, berbincang dengan petani  di nagari  panyangkalan, Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, SH mengajak petani untuk menerapkan teknologi pertanian yang tepat guna serta efisien.

“Saat ini, kita telah menemukan solusi irigasi yang efisien dan minim biaya. Sekarang bagaimana kita bisa menerapkannya agar tidak sekedar prototype ” ujar Yulfadri menanggapi inovasi Hydrant Pum (pompa air) tanpa listrik dan BBM yang ditawarkan oleh Hendri alumni Skim Pelayanan Pembiayaan Pertanian (SP3).

Untuk membangun sebuah saluran irigasi pertanian, pemerintah harus mengelontorkan biaya yang cukup besar. Hal ini akan menjadi kendala untuk memenuhi kebutuhan system irigasi di seluruh wilayah.

“Kami mencoba mencari teknologi irigasi yang lebih efisien dan ekonomis, untuk dapat membantu petani mengatasi permasalahan pengairan sawahnya,” kata Hendri salah seorang alumni SP3 yang memperlihatkan Prototype Hydrant Pum, untuk saluran irigasi pertanian di Nagari Panyangkalan.

Dilihat dari cara kerja dan peralatan Hydrant Pum yang sederhana, namun hasil yang cukup maksimal, membuat Wakil Bupati Solok tertarik utuk menerapkannya secara local, sebagai percontohan.

“Saya mau, kita coba untuk beberapa hektar sawah dulu, nanti baru kita akan coba tindak lanjuti untuk penerapan yang lebih besar,” ungkap Yulfadri Nurdin sebelum meninggalkan lokasi.

 

 

 

Copyright © SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SOLOK
Komplek Perkantoran Bupati Solok, Jl. Raya Solok - Padang Km.20, Arosuka
Fax/Telp. (0755) 31331, Kode Pos. 27365, e-mail: Humas@setda.solokkab.go.id