-->

TALAOK ADAKAN HAUL, BUDAYA LELUHUR UNTUK GENERASI MUDA

Print
Published Date
Written by Super User Hits: 20

SetdaSolokkab, Mengucap rasa syukur atah rahmad dari sang khaliq merupakan kewajiban bagi setiap mahluk. “Haul nagai merupakan budaya leluhur dalam mengekspresikan rasa syukur atas rahmad yang diberikan Allhan pada kita,” kata Adi Purnawarman selaku ketua panitia pelaksana.

Kegiatan haul di Jorong Talaok, Nagari Saiak Alahan Tigo, kec. Hiliran Gumanti, merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tiga tahun sekali. Perhelatan yang syrat dengan budaya leluhur ini selalu dijaga agar generasi muda bisa memahami nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

“Ini merupakan haul ke 136, kita berharap kegiatan ini bisa mempererat silaturahmi antar warga dan hubungan spiritual dengan yang maha kuasa,” ujar Adi, Ketua Pelaksana di hadapan Bupati Solok beserta rombongan kemaren (8/10).

Haul ke 136 ini, menunjukkan keseriusan tokoh masyarakat Talaok dalam menjaga budayanya. Memberikan pemahaman kepada generasi muda bahwa buya adalah jati diri yang wajib di junjung tinggi dan dilestarikan. Menjaga budaya bukan berarti kolot, namun menjaga budaya adalah sebuah kehormatan.

Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM yang didampinggi Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Kasmudi dan beberapa kepala SKPD di lingkungan pemerintahan Kabupaten Solok, memberikan apresiasi kepada masyarakat Talaok. Bupati berharap agar budaya seperti ini bisa terus dilestarikan untuk membentuk karakter generasi penerus yang memiliki jati diri yang kokoh.

“Mari kita bersama-sama mewujudkan generasi yang berkualitas dan berkarakter dengan mengedepankan pendidikan serta budaya,” kata Bupati Solok saat menutup sambutannya.

Copyright © SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SOLOK
Komplek Perkantoran Bupati Solok, Jl. Raya Solok - Padang Km.20, Arosuka
Fax/Telp. (0755) 31331, Kode Pos. 27365, e-mail: Humas@setda.solokkab.go.id