-->

SMPN 1 Kubung Dicanangkan Sebagai Sekolah Menegah Berbasis Pesantren

Print
Category: Sample Data-Articles
Published Date
Written by Super User Hits: 53

Arosuka, Sekolah berbasis Pesantren merupakan program pengintegrasikan keunggulan sistem pendidikan agama yang dikembangkan di sekolah umum. dengan keunggulan sistem pendidikan yang dilaksanakan di pesantren pada umumnya, diharapkan bisa memberikan dampak yang lebih baik pada aklak siswa.Pendekatan

sistem pendidikan seperti iniakan memupuk nilai-nilai agama, moral dan adat istiadat yang mulai tergerus oleh arus modernisasi.

Ada beberapa metode pendekatan yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk mencapai pengoptimalkan system pesantren ini, diantaranya adalah, Mengoptimalisasikan Pendidikan Agama(Alquran dan Hadis, fiqih,akidah Akhlak dan bahasa Arab). Pengaitan materi keimanan dan ketaqwaan dengan materi umum. Peningkatan kegiatan ekstrakurikuler yang bernuansa Islami. Menciptakan suasana sekolah yang kondusif bagi peningkatan iman dan taqwa siswa. Peningkatan kerjasama sekolah dan masyarakat.

SMP berbasis Pesantren adalah sebuah icon Pendidikan Kabupaten Solok menuju terciptanya sumber daya manusia yang berdaya saing, diiringi dengan akhlak yang baik. Tahapan kegiatan ini sudah dimulai dengan dilaksanakannya launching di sekolah umum berbasis Pesantren pada tanggal 13 April 2017, kemudian secara maraton dilanjutkan dengan sosialisasi juknis kegiatan sekolah berbasis pesantren untuk kepala sekolah, komite sekolah, wakil kurikulum serta guru PAI pada 15 sekolah penyelenggara, serta seleksi tenaga pendidik pada sekolah umum berbasis pesantren

“Saya minta kepada pihak-pihak yang terkait untuk berkomitmen secara serius melaksanakannya sesuai dengan beban tugas masing-masing”, papar Bupati Gusmal setelah memukul gong penanda deklarasi secara resmi. pelaksanaan program ini sesuai dengan rencana yang telah disusun artinya program ini tidak dilaksanakan dengan hanyalah motivasi pelaksanaan tugas semata melainkan dibarengi dengan niat ibadah.

Copyright © SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SOLOK
Komplek Perkantoran Bupati Solok, Jl. Raya Solok - Padang Km.20, Arosuka
Fax/Telp. (0755) 31331, Kode Pos. 27365, e-mail: Humas@setda.solokkab.go.id